Rabu, 14 Maret 2012

Periode Emas Pertumbuhan Otak Balita

Periode Emas Pertumbuhan Otak dimulai sejak trismester ke-tiga kehamilan sampai bayi berusia 4 tahun. Periode ini merupakan masa dimana pertumbuhan otak terjadi dengan sangat cepat.
Masa tercepat pertumbuhan otak dikenal sebagai masa pesat tumbuh (growth spurt) otak yakni sekitar masa kelahiran sampai bayi berusia 18 bulan. Pada masa ini berat otak akan mencapai 300% dibandingkan berat otak saat lahir dan sekitar 25% bahan pembentuk otak dibentuk selama periode ini.
Kurang berkembangannya otak karena kekurangan gizi yang terjadi selama masa pesat tumbuh otak akan sulit diperbaiki.

Pada periode emas ini, diperlukan Asam Lemak Esensial yaitu Asam Lemak Omega-3 (DHA) dan Omega-6 (AA).Dinyatakan bahwa secara kimia, otak manusia merupakan organ yang banyak mengandung suatu lapisan tipis (membran) lemak. Agar membran berfungsi dengan tepat diperlukan Asam Lemak Omega-3 dan Omega-6.

Asam Lemak Omega-3 dan Omega-6 terdapat pada Air Susu Ibu (ASI), telur , kedelai, ikan dan produk olahannya termasuk minyak ikan.

Pedoman yang perlu dipegang bagi seorang Ibu adalah agar selama hamil dan menyusui, selalu menjaga kesehatan dan makan makanan bergizi.Setelah bayi lahir, perlu diberikan: “ ASI Eksklusif ” selama 4 bulan terus menerus dan dilanjutkan dengan makanan gizi seimbang (4 sehat 5 sempurna) sehingga perkembangan kecerdasan otaknya optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar