Shalat Jenazah
penulis Al-Ustadzah Ummu Ishaq
Zulfa Husen Al-Atsariyyah
Sakinah Wanita dlm Sorotan 30 - Januari - 2006 23:26:25
Sakinah Wanita dlm Sorotan 30 - Januari - 2006 23:26:25
Bahasan selanjut setelah tatacara
memandikan jenazah adl shalat jenazah. Barangkali sebagian kita telah berulang
kali mengamalkannya.
Namun kajian ini insya Allah tetap memiliki nuansa lain krn kita diajak utk menyelami dalil-dalilnya.
Namun kajian ini insya Allah tetap memiliki nuansa lain krn kita diajak utk menyelami dalil-dalilnya.
Purna sudah tugas memandikan dan
mengafani jenazah. Yang tertinggal sekarang adl menshalati mengantarkan ke
pekuburan dan memakamkannya. Untuk mengantarkan ke pekuburan dan memakamkan
merupakan tugas laki2 krn Rasulullah n
telah melarang wanita utk mengikuti jenazah sebagaimana diberitakan Ummu ‘Athiyyah x
:
telah melarang wanita utk mengikuti jenazah sebagaimana diberitakan Ummu ‘Athiyyah x
:
كُنَّا نُنْهَى عَنِ اتِّبَاعِ
الْجَنَائِزِ، وَلَمْ يُعْزَمْ عَلَيْنَا
“Kami dilarang utk mengikuti jenazah
namun tdk ditekankan terhadap kami.”1
Al-Imam Ibnul Daqiqil ‘Ied v
berkata:“Hadits ini mengandung dalil dibenci wanita mengikuti jenazah namun tdk sampai pada keharaman. Demikian yg dipahami dari ucapan Ummu ‘Athiyyah x
:
وَلَمْ يُعْزَمْ عَلَيْنَا
krn ‘azimah menunjukkan ta`kid .”
Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-’Asqalani v
berkata: “Seakan-akan Ummu ‘Athiyyah x
hendak menyatakan bahwa: ‘Beliau n
benci bila kami mengikuti jenazah namun beliau tdk mengharamkannya’.” Al-Qurthubi v
berkata: “Yang tampak dari konteks ucapan Ummu ‘Athiyyah x
adl larangan tersebut merupakan nahi tanzih . Demikian pendapat jumhur ahlul ilmi2.” .
Sementara ulama Madinah membolehkan termasuk Al-Imam Malik v
namun utk wanita yg masih muda/ remaja beliau memakruhkannya.”
Dengan demikian keutamaan mengikuti jenazah seperti ditunjukkan dlm hadits Abu Hurairah z
3 hanya berlaku utk lelaki secara khusus .
Al-Imam Ibnul Daqiqil ‘Ied v
berkata:“Hadits ini mengandung dalil dibenci wanita mengikuti jenazah namun tdk sampai pada keharaman. Demikian yg dipahami dari ucapan Ummu ‘Athiyyah x
:
وَلَمْ يُعْزَمْ عَلَيْنَا
krn ‘azimah menunjukkan ta`kid .”
Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-’Asqalani v
berkata: “Seakan-akan Ummu ‘Athiyyah x
hendak menyatakan bahwa: ‘Beliau n
benci bila kami mengikuti jenazah namun beliau tdk mengharamkannya’.” Al-Qurthubi v
berkata: “Yang tampak dari konteks ucapan Ummu ‘Athiyyah x
adl larangan tersebut merupakan nahi tanzih . Demikian pendapat jumhur ahlul ilmi2.” .
Sementara ulama Madinah membolehkan termasuk Al-Imam Malik v
namun utk wanita yg masih muda/ remaja beliau memakruhkannya.”
Dengan demikian keutamaan mengikuti jenazah seperti ditunjukkan dlm hadits Abu Hurairah z
3 hanya berlaku utk lelaki secara khusus .
Shalat Jenazah
Menshalati jenazah seorang muslim hukum fardhu/ wajib kifayah4 krn ada perintah Nabi n
dalam beberapa hadits. Di antara hadits Abu Qatadah z
ia menceritakan:
Menshalati jenazah seorang muslim hukum fardhu/ wajib kifayah4 krn ada perintah Nabi n
dalam beberapa hadits. Di antara hadits Abu Qatadah z
ia menceritakan:
أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُتِيَ بِرَجُلٍ مِنَ اْلأَنْصَارِ لِيُصَلِّيَ عَلَيْهِ،
فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: صَلُّوْا عَلى صَاحِبِكُمْ،
فَإِنََّ عَلَيْهِ دَيْنًا. قَالَ أَبُوْ قَتَادَةَ: هُوَ عَلَيَّ. قَالَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: بِالْوَفَاءِ؟ قَالَ: بِالْوَفاَءِ.
فَصَلَّى عَلَيْهِ
Didatangkan jenazah seorang lelaki
dari kalangan Anshar di hadapan Rasulullah n
agar beliau menshalati ternyata beliau n
bersabda: “Shalatilah teman kalian ini krn ia meninggal dgn menanggung hutang.” Mendengar hal itu berkatalah Abu Qatadah: “Hutang itu menjadi tanggunganku.” Nabi n
bersabda: “Janji ini akan disertai dgn penunaian?”. “Janji ini akan disertai dgn penunaian“ jawab Abu Qatadah. mk Nabi pun menshalatinya.”5
Dikecualikan dlm hal ini dua jenis jenazah yg tdk wajib dishalati yaitu:
1. Anak kecil yg belum baligh krn Nabi n
tak menshalati putra beliau Ibrahim ketika wafat sebagaimana diberitakan ‘Aisyah x
:
agar beliau menshalati ternyata beliau n
bersabda: “Shalatilah teman kalian ini krn ia meninggal dgn menanggung hutang.” Mendengar hal itu berkatalah Abu Qatadah: “Hutang itu menjadi tanggunganku.” Nabi n
bersabda: “Janji ini akan disertai dgn penunaian?”. “Janji ini akan disertai dgn penunaian“ jawab Abu Qatadah. mk Nabi pun menshalatinya.”5
Dikecualikan dlm hal ini dua jenis jenazah yg tdk wajib dishalati yaitu:
1. Anak kecil yg belum baligh krn Nabi n
tak menshalati putra beliau Ibrahim ketika wafat sebagaimana diberitakan ‘Aisyah x
:
مَاتَ إِبْرَاهِيْمُ ابْنُ النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ ابْنُ ثَمَانِيَةَ عَشْرَ شَهْرًا، فَلَمْ
يُصَلِّ عَلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Ibrahim putra Nabi n
meninggal dunia dlm usia 18 bulan beliau n tdk menshalatinya.”6
2. Orang yg gugur fi sabilillah krn Nabi n
tak menshalati syuhada perang Uhud dan selain mereka. Anas bin Malik z
mengabarkan:
meninggal dunia dlm usia 18 bulan beliau n tdk menshalatinya.”6
2. Orang yg gugur fi sabilillah krn Nabi n
tak menshalati syuhada perang Uhud dan selain mereka. Anas bin Malik z
mengabarkan:
أَنَّ شُهَدَاءَ أُحُدٍ لَمْ
يُغَسَّلُوْا، وَدُفِنُوا بِدِمَائِهِمْ، وَلَمْ يُصَلَّ عَلَيْهِمْ غَيْرُ
حَمْزَةُ
“Syuhada perang Uhud tdk dimandikan
dan mereka dimakamkan dgn darah-darah mereka juga tdk dishalati kecuali jenazah
Hamzah.”7
Kedua golongan di atas kalaupun hendak dishalati mk tdk menjadi masalah bahkan hal ini disyariatkan. Namun pensyariatan tidaklah wajib. Kenapa kita katakan hal ini disyariatkan? Karena Nabi n
pernah pula menshalati jenazah anak kecil seperti tersebut dlm hadits Aisyah x
:
Kedua golongan di atas kalaupun hendak dishalati mk tdk menjadi masalah bahkan hal ini disyariatkan. Namun pensyariatan tidaklah wajib. Kenapa kita katakan hal ini disyariatkan? Karena Nabi n
pernah pula menshalati jenazah anak kecil seperti tersebut dlm hadits Aisyah x
:
أُتِيَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصَبِيٍّ مِنْ صِبْيَانِ الأَنْصَارِ، فَصَلَّى عَلَيْهِ
“Didatangkan kepada Rasulullah n
jenazah anak kecil dari kalangan Anshar beliau pun menshalatinya…”8
Sebagaimana Nabi n
pernah menshalati jenazah seorang A‘rabi yg gugur di medan jihad. Syaddad ibnul Haad berkisah:
“Seorang lelaki dari kalangan A‘rabi datang menemui Nabi n
. Ia pun beriman dan mengikuti beliau. Kemudian ia berkata: “Aku berhijrah bersamamu.” Nabi n
berpesan kepada beberapa shahabat utk memperhatikan A‘rabi ini. Ketika perang Khaibar Nabi n
mendapatkan ghanimah beliau membagi dan memberikan bagian kepada A‘rabi tersebut dgn menyerahkan lewat sebagian shahabat beliau. Saat itu si A‘rabi ini sedang menggembalakan tunggangan mereka. Ketika ia kembali mereka menyerahkan bagian ghanimah tersebut kepadanya.
“Apa ini ?” ta A’rabi tersebut.
“Bagian yg diberikan Nabi n
untukmu” jawab mereka.
A‘rabi ini mengambil harta tersebut lalu membawa ke hadapan Nabi n
seraya bertanya: “Harta apa ini?”
“Aku membagi untukmu” sabda Nabi n
.
“Bukan utk ini aku mengikutimu akan tetapi aku mengikutimu agar aku dipanah di sini – ia memberi isyarat ke tenggorokannya– hingga aku mati lalu masuk surga” kata A’rabi.
Nabi n
bersabda: “Bila engkau jujur terhadap Allah niscaya Dia akan menepatimu.”
Mereka tinggal sejenak. Setelah mereka bangkit utk memerangi musuh Ia dibopong ke hadapan Nabi n
setelah sebelum ia terkena panah pada bagian tubuh yg telah diisyaratkannya.
“Apakah ini A’rabi itu?” ta Nabi n
.
“Ya“ jawab mereka yg ditanya.
“Dia jujur kepada Allah mk Allah pun menepati keinginannya” kata Nabi n
. Kemudian Nabi n
mengafani dgn jubah beliau. Setelah beliau meletakkan di hadapan beliau utk dishalati. Di antara doa Nabi n
dalam shalat jenazah tersebut: “Ya Allah inilah hamba-Mu dia keluar dari negeri utk berhijrah di jalan-Mu lalu ia terbunuh sebagai syahid aku menjadi saksi atas semua itu.”9
Ibnul Qayyim v
berkata: “Yang benar dlm masalah ini seseorang diberi pilihan antara menshalati mereka atau tdk krn masing-masing ada atsarnya. Demikian salah satu riwayat dari pendapat Al-Imam Ahmad v
. Dan pendapat inilah yg paling mencocoki ushul dan madzhabnya.”
jenazah anak kecil dari kalangan Anshar beliau pun menshalatinya…”8
Sebagaimana Nabi n
pernah menshalati jenazah seorang A‘rabi yg gugur di medan jihad. Syaddad ibnul Haad berkisah:
“Seorang lelaki dari kalangan A‘rabi datang menemui Nabi n
. Ia pun beriman dan mengikuti beliau. Kemudian ia berkata: “Aku berhijrah bersamamu.” Nabi n
berpesan kepada beberapa shahabat utk memperhatikan A‘rabi ini. Ketika perang Khaibar Nabi n
mendapatkan ghanimah beliau membagi dan memberikan bagian kepada A‘rabi tersebut dgn menyerahkan lewat sebagian shahabat beliau. Saat itu si A‘rabi ini sedang menggembalakan tunggangan mereka. Ketika ia kembali mereka menyerahkan bagian ghanimah tersebut kepadanya.
“Apa ini ?” ta A’rabi tersebut.
“Bagian yg diberikan Nabi n
untukmu” jawab mereka.
A‘rabi ini mengambil harta tersebut lalu membawa ke hadapan Nabi n
seraya bertanya: “Harta apa ini?”
“Aku membagi untukmu” sabda Nabi n
.
“Bukan utk ini aku mengikutimu akan tetapi aku mengikutimu agar aku dipanah di sini – ia memberi isyarat ke tenggorokannya– hingga aku mati lalu masuk surga” kata A’rabi.
Nabi n
bersabda: “Bila engkau jujur terhadap Allah niscaya Dia akan menepatimu.”
Mereka tinggal sejenak. Setelah mereka bangkit utk memerangi musuh Ia dibopong ke hadapan Nabi n
setelah sebelum ia terkena panah pada bagian tubuh yg telah diisyaratkannya.
“Apakah ini A’rabi itu?” ta Nabi n
.
“Ya“ jawab mereka yg ditanya.
“Dia jujur kepada Allah mk Allah pun menepati keinginannya” kata Nabi n
. Kemudian Nabi n
mengafani dgn jubah beliau. Setelah beliau meletakkan di hadapan beliau utk dishalati. Di antara doa Nabi n
dalam shalat jenazah tersebut: “Ya Allah inilah hamba-Mu dia keluar dari negeri utk berhijrah di jalan-Mu lalu ia terbunuh sebagai syahid aku menjadi saksi atas semua itu.”9
Ibnul Qayyim v
berkata: “Yang benar dlm masalah ini seseorang diberi pilihan antara menshalati mereka atau tdk krn masing-masing ada atsarnya. Demikian salah satu riwayat dari pendapat Al-Imam Ahmad v
. Dan pendapat inilah yg paling mencocoki ushul dan madzhabnya.”
Apakah Disyariatkan Menshalati Janin
yg Gugur?
Janin yg gugur dishalati apabila telah ditiupkan ruh kepada yakni ketika telah genap usia 4 bulan. Hal ini ditunjukkan dlm hadits Ibnu Mas‘ud z
secara marfu‘:
Janin yg gugur dishalati apabila telah ditiupkan ruh kepada yakni ketika telah genap usia 4 bulan. Hal ini ditunjukkan dlm hadits Ibnu Mas‘ud z
secara marfu‘:
إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ
فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ،
ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَبْعَثُ اللهُ مَلَكًا يُؤْمَرُ
بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ وَيُقَالُ لَهُ: اكْتُبْ عَمَلَهُ وَرِزْقَهُ وَشَقِيٌّ أَوْ
سَعِيْدٌ. ثُمَّ يُنْفَخُ فِيْهِ الرُّوْحُ..
“Sesungguh salah seorang dari kalian
dikumpulkan penciptaan di perut ibu selama 40 hari kemudian menjadi ‘alaqah
selama 40 hari juga kemudian menjadi mudhghah selama 40 hari juga. Setelah itu
Allah mengutus seorang malaikat yg diperintah dgn empat kata dikatakan kepada
malaikat tersebut: “Tulislah amal dan rizkinya. apakah ia bahagia atau
sengsara. Kemudian ditiupkan ruh pada janin tersebut..”10
Adapun bila janin itu gugur sebelum 4 bulan mk tdk dishalati krn janin tersebut tdk bisa dianggap sebagai mayat .
Adapun bila janin itu gugur sebelum 4 bulan mk tdk dishalati krn janin tersebut tdk bisa dianggap sebagai mayat .
Shalat Jenazah Dilakukan Secara
Berjamaah
Disyariatkan shalat jenazah secara berjamaah sebagaimana shalat lima waktu dgn dalil:
1. Nabi n
senantiasa melaksanakan secara berjamaah.
2. Nabi n
telah bersabda:
Disyariatkan shalat jenazah secara berjamaah sebagaimana shalat lima waktu dgn dalil:
1. Nabi n
senantiasa melaksanakan secara berjamaah.
2. Nabi n
telah bersabda:
صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُوْنِي
أُصَلِّي
“Shalatlah kalian sebagaimana kalian
melihatku shalat.” 11
Namun bila mereka mengerjakan sendiri-sendiri mk telah tertunaikan kewajiban sebagaimana kata Al-Imam An-Nawawi v
: “Tidak ada perbedaan pendapat bahwa shalat jenazah boleh dilakukan sendiri-sendiri. Namun yg sunnah shalat jenazah itu dilakukan secara berjamaah. Karena demikianlah yg ditunjukkan dlm hadits-hadits masyhur yg ada dlm kitab Ash-Shahih bersamaan dgn ada ijma’ kaum muslimin dlm masalah ini.”
Semakin banyak jamaah yg menshalati jenazah tersebut semakin afdhal dan bermanfaat bagi si mayat12 krn Nabi n
bersabda:
Namun bila mereka mengerjakan sendiri-sendiri mk telah tertunaikan kewajiban sebagaimana kata Al-Imam An-Nawawi v
: “Tidak ada perbedaan pendapat bahwa shalat jenazah boleh dilakukan sendiri-sendiri. Namun yg sunnah shalat jenazah itu dilakukan secara berjamaah. Karena demikianlah yg ditunjukkan dlm hadits-hadits masyhur yg ada dlm kitab Ash-Shahih bersamaan dgn ada ijma’ kaum muslimin dlm masalah ini.”
Semakin banyak jamaah yg menshalati jenazah tersebut semakin afdhal dan bermanfaat bagi si mayat12 krn Nabi n
bersabda:
مَا مِنْ مَيِّتٍ تُصَلِّي عَلَيْهِ
أُمَّةٌ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ يَبْلُغُوْنَ مِئَةً كُلُّهُمْ يَشْفَعُوْنَ لَهُ،
إِلاَّ شُفِّعُوْا فِيْهِ
“Tidak ada satu mayat pun yg
dishalati oleh suatu umat dari kaum muslimin yg mencapai jumlah 100 orang di
mana mereka memberikan syafaat kepada si mayat melainkan mayat tersebut
disyafaati.”13
Bahkan jumlah yg kurang dari 100 pun bermanfaat bagi si mayat dgn syarat mereka yg menshalati itu dari kalangan muwahhidin . Seperti tersebut dlm sabda Nabi n
:
Bahkan jumlah yg kurang dari 100 pun bermanfaat bagi si mayat dgn syarat mereka yg menshalati itu dari kalangan muwahhidin . Seperti tersebut dlm sabda Nabi n
:
مَا مِنْ رَجُلٍ مُسْلِمٍ يَمُوْتُ،
فَيَقُوْمُ عَلىَ جَنَازَتِهِ أَرْبَعُوْنَ رَجُلاً، لاَ يُشْرِكُوْنَ بِاللهِ
شَيْئًا إِلاَّ شَفَّعَهُمُ اللهُ فِيْهِ
“Tidak ada seorang muslimpun yg
meninggal lalu 40 orang yg tdk berbuat syirik terhadap Allah sedikit pun
menshalati jenazah melainkan Allah memberikan syafaat mereka itu
terhadapnya.”14
Disunnahkan makmum yg ikut shalat jenazah tersebut membentuk tiga shaf atau lbh di belakang imam15 sebagaimana ditunjukkan dlm hadits dari Abu Umamah z
ia berkata:
Disunnahkan makmum yg ikut shalat jenazah tersebut membentuk tiga shaf atau lbh di belakang imam15 sebagaimana ditunjukkan dlm hadits dari Abu Umamah z
ia berkata:
صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلىَ جَنَازَةٍ وَمَعَهُ سَبْعَةُ نَفَرٍ، فَجَعَلَ ثَلاثَةً
صَفًّا، وَاثْنَيْنِ صَفًّا وَاثْنَيْنِ صَفًّا
“Rasulullah n
pernah shalat jenazah bersama tujuh orang mk beliau menjadikan tiga orang berada dlm satu shaf dua orang yg lain dlm satu shaf dan dua orang yg tersisa dlm satu shaf.”16
Yang afdhal pelaksanaan shalat jenazah itu di luar masjid di tempat yg memang khusus disiapkan utk shalat jenazah sebagaimana hal ini dilakukan di masa Nabi n
.
pernah shalat jenazah bersama tujuh orang mk beliau menjadikan tiga orang berada dlm satu shaf dua orang yg lain dlm satu shaf dan dua orang yg tersisa dlm satu shaf.”16
Yang afdhal pelaksanaan shalat jenazah itu di luar masjid di tempat yg memang khusus disiapkan utk shalat jenazah sebagaimana hal ini dilakukan di masa Nabi n
.
Masbuq dlm Shalat Jenazah
Ibnu Hazm v
berkata: “Bila seseorang luput dari mendapatkan beberapa takbir dlm shalat jenazah mk ia langsung bertakbir ketika tiba di tempat shalat tersebut tanpa menanti takbir imam yg berikutnya. Apabila imam telah salam ia menyempurnakan apa yg luput dari takbir dan berdoa di antara takbir yg satu dgn takbir yg lain sebagaimana yg ia perbuat bersama imam. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah n
terhadap orang yg mendatangi shalat berjamaah agar ia mengerjakan apa yg sempat ia dapatkan bersama imam dan ia sempurnakan apa yg tertinggal….”
Ibnu Hazm v
berkata: “Bila seseorang luput dari mendapatkan beberapa takbir dlm shalat jenazah mk ia langsung bertakbir ketika tiba di tempat shalat tersebut tanpa menanti takbir imam yg berikutnya. Apabila imam telah salam ia menyempurnakan apa yg luput dari takbir dan berdoa di antara takbir yg satu dgn takbir yg lain sebagaimana yg ia perbuat bersama imam. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah n
terhadap orang yg mendatangi shalat berjamaah agar ia mengerjakan apa yg sempat ia dapatkan bersama imam dan ia sempurnakan apa yg tertinggal….”
Posisi Berdiri Imam
Ketika jenazah diletakkan utk dishalati bila jenazah lelaki imam berdiri di belakang pada posisi kepala. Adapun jika jenazah wanita mk imam berdiri pada posisi tengahnya. Hal ini ditunjukkan dlm hadits Samurah bin Jundab z
yg dikelu-arkan dlm Shahihain17. Samurah berkata:
“Aku pernah menjadi makmum di belakang Nabi n
ketika menshalati seorang wanita bernama Ummu Ka’ab yg meninggal krn melahirkan. Nabi n
berdiri pada posisi tengah jenazah dan beliau bertakbir empat kali.”18
Abu Ghalib Al-Khayyath v
berkisah: “Aku pernah menyaksikan Anas bin Malik z
menshalati jenazah seorang lelaki ia berdiri di bagian yg bersisian dgn kepala jenazah. Ketika jenazah tersebut telah diangkat didatangkan jenazah seorang wanita dari Anshar mk dikatakan kepada Anas: ‘Wahai Abu Hamzah tolong shalatilah.’ Anas pun menshalati dan ia berdiri pada posisi tengah jenazah.
Di antara kami ketika itu ada Al-’Ala` bin Ziyad Al-’Adawi . Ketika melihat perbedaan berdiri Anas tersebut ia berkata: ‘Wahai Abu Hamzah apakah demikian Rasulullah n
berdiri sebagaimana engkau berdiri ketika menshalati jenazah laki2 dan ketika menshalati jenazah wanita?’ Anas menjawab: ‘Iya’.”19
Ketika jenazah diletakkan utk dishalati bila jenazah lelaki imam berdiri di belakang pada posisi kepala. Adapun jika jenazah wanita mk imam berdiri pada posisi tengahnya. Hal ini ditunjukkan dlm hadits Samurah bin Jundab z
yg dikelu-arkan dlm Shahihain17. Samurah berkata:
“Aku pernah menjadi makmum di belakang Nabi n
ketika menshalati seorang wanita bernama Ummu Ka’ab yg meninggal krn melahirkan. Nabi n
berdiri pada posisi tengah jenazah dan beliau bertakbir empat kali.”18
Abu Ghalib Al-Khayyath v
berkisah: “Aku pernah menyaksikan Anas bin Malik z
menshalati jenazah seorang lelaki ia berdiri di bagian yg bersisian dgn kepala jenazah. Ketika jenazah tersebut telah diangkat didatangkan jenazah seorang wanita dari Anshar mk dikatakan kepada Anas: ‘Wahai Abu Hamzah tolong shalatilah.’ Anas pun menshalati dan ia berdiri pada posisi tengah jenazah.
Di antara kami ketika itu ada Al-’Ala` bin Ziyad Al-’Adawi . Ketika melihat perbedaan berdiri Anas tersebut ia berkata: ‘Wahai Abu Hamzah apakah demikian Rasulullah n
berdiri sebagaimana engkau berdiri ketika menshalati jenazah laki2 dan ketika menshalati jenazah wanita?’ Anas menjawab: ‘Iya’.”19
Wanita Menshalati Jenazah
Al-Imam An-Nawawi v
berkata: “Apabila tdk ada yg menghadiri jenazah kecuali para wanita mk tdk ada perbedaan pendapat tentang wajib mereka menshalati jenazah tersebut. Dan tdk ada perbedaan pendapat bahwasa ketika itu gugurlah kewajiban dgn apa yg mereka lakukan. Dan mereka menshalati jenazah tersebut secara sendiri-sendiri. Namun tdk apa-apa bila mereka mengerjakan secara berjamaah .”
Al-Imam An-Nawawi v
berkata: “Apabila tdk ada yg menghadiri jenazah kecuali para wanita mk tdk ada perbedaan pendapat tentang wajib mereka menshalati jenazah tersebut. Dan tdk ada perbedaan pendapat bahwasa ketika itu gugurlah kewajiban dgn apa yg mereka lakukan. Dan mereka menshalati jenazah tersebut secara sendiri-sendiri. Namun tdk apa-apa bila mereka mengerjakan secara berjamaah .”
Tata Cara Shalat Jenazah
Shalat jenazah memiliki tata cara yg berbeda dgn shalat yg lain krn shalat ini dilaksanakan tanpa ruku’ tanpa sujud tanpa duduk dan tanpa tasyahhud . Berikut perinciannya:
1. Bertakbir 4 kali20 demikian pendapat mayoritas shahabat jumhur tabi‘in dan madzhab fuqaha seluruhnya.
2. Takbir pertama dgn mengangkat tangan lalu tangan kanan diletakkan di atas tangan kiri sebagaimana hal ini dilakukan pada shalat-shalat lain. Al-Imam Al-Hafizh Ibnul Qaththan v
berkata: “Ulama bersepakat bahwa orang yg menshalati jenazah ia bertakbir dan mengangkat kedua tangan pada takbir yg awal.”
Ibnu Hazm v
menyatakan: “Adapun mengangkat tangan ketika takbir dlm shalat jenazah mk tdk ada keterangan yg menunjukkan bahwa Nabi n
melakukan kecuali hanya pada awal takbir saja.”
Asy-Syaikh Al-Albani v
berkata: “Tidak didapatkan dlm As-Sunnah ada dalil yg menunjukkan disyariatkan mengangkat tangan pada selain takbir yg pertama. Sehingga kita memandang mengangkat tangan di selain takbir pertama tidaklah disyariatkan. Demikianlah pendapat madzhab Hanafiyyah dan selain mereka. Pendapat ini yg dipilih oleh Asy-Syaukani v
21 dan lain dari kalangan muhaqqiq.”
3. Setelah berta‘awwudz lalu membaca Al-Fatihah22 dan surah lain dari Al-Qur`an23. Thalhah bin Abdillah bin ‘Auf berkata: “Aku pernah shalat jenazah di belakang Ibnu ‘Abbas c
ia membaca Al-Fatihah dan surah lain. Ia mengeraskan bacaan hingga terdengar oleh kami. Ketika selesai shalat aku memegang tangan seraya berta tentang jahr tersebut. Beliau menjawab: “Hanyalah aku menjahrkan bacaanku agar kalian mengetahui bahwa itu adl sunnah24 dan haq 25”.
Sebenar bacaan dlm shalat jenazah tidaklah dijahrkan namun dgn sirr berdasarkan keterangan yg ada dlm hadits Abu Umamah bin Sahl ia berkata: “Yang sunnah dlm shalat jenazah pada takbir pertama membaca Al-Fatihah dgn perlahan kemudian bertakbir tiga kali dan mengucapkan salam setelah takbir yg akhir.”26
Ibnu Qudamah v
berkata: “Bacaan dan doa dlm shalat jenazah dibaca secara sirr. Kami tdk mengetahui ada perbedaan pendapat dlm masalah ini di kalangan ahlul ilmi. Adapun riwayat dari Ibnu ‘Abbas c
di atas mk kata Al-Imam Ahmad v
: ‘Hanyalah beliau melakukan hal itu utk mengajari mereka’.”
Al-Imam Asy-Syaukani v
berkata: “Jumhur ulama berpendapat tdk disunnahkan menjahrkan bacaan dlm shalat jenazah.”
4. Takbir kedua lalu bershalawat utk Nabi n
sebagaimana lafadz shalawat dlm tasyahhud.
5. Takbir ketiga lalu berdoa secara khusus utk si mayat secara sirr menurut pendapat jumhur ulama. Nabi n
bersabda:
Shalat jenazah memiliki tata cara yg berbeda dgn shalat yg lain krn shalat ini dilaksanakan tanpa ruku’ tanpa sujud tanpa duduk dan tanpa tasyahhud . Berikut perinciannya:
1. Bertakbir 4 kali20 demikian pendapat mayoritas shahabat jumhur tabi‘in dan madzhab fuqaha seluruhnya.
2. Takbir pertama dgn mengangkat tangan lalu tangan kanan diletakkan di atas tangan kiri sebagaimana hal ini dilakukan pada shalat-shalat lain. Al-Imam Al-Hafizh Ibnul Qaththan v
berkata: “Ulama bersepakat bahwa orang yg menshalati jenazah ia bertakbir dan mengangkat kedua tangan pada takbir yg awal.”
Ibnu Hazm v
menyatakan: “Adapun mengangkat tangan ketika takbir dlm shalat jenazah mk tdk ada keterangan yg menunjukkan bahwa Nabi n
melakukan kecuali hanya pada awal takbir saja.”
Asy-Syaikh Al-Albani v
berkata: “Tidak didapatkan dlm As-Sunnah ada dalil yg menunjukkan disyariatkan mengangkat tangan pada selain takbir yg pertama. Sehingga kita memandang mengangkat tangan di selain takbir pertama tidaklah disyariatkan. Demikianlah pendapat madzhab Hanafiyyah dan selain mereka. Pendapat ini yg dipilih oleh Asy-Syaukani v
21 dan lain dari kalangan muhaqqiq.”
3. Setelah berta‘awwudz lalu membaca Al-Fatihah22 dan surah lain dari Al-Qur`an23. Thalhah bin Abdillah bin ‘Auf berkata: “Aku pernah shalat jenazah di belakang Ibnu ‘Abbas c
ia membaca Al-Fatihah dan surah lain. Ia mengeraskan bacaan hingga terdengar oleh kami. Ketika selesai shalat aku memegang tangan seraya berta tentang jahr tersebut. Beliau menjawab: “Hanyalah aku menjahrkan bacaanku agar kalian mengetahui bahwa itu adl sunnah24 dan haq 25”.
Sebenar bacaan dlm shalat jenazah tidaklah dijahrkan namun dgn sirr berdasarkan keterangan yg ada dlm hadits Abu Umamah bin Sahl ia berkata: “Yang sunnah dlm shalat jenazah pada takbir pertama membaca Al-Fatihah dgn perlahan kemudian bertakbir tiga kali dan mengucapkan salam setelah takbir yg akhir.”26
Ibnu Qudamah v
berkata: “Bacaan dan doa dlm shalat jenazah dibaca secara sirr. Kami tdk mengetahui ada perbedaan pendapat dlm masalah ini di kalangan ahlul ilmi. Adapun riwayat dari Ibnu ‘Abbas c
di atas mk kata Al-Imam Ahmad v
: ‘Hanyalah beliau melakukan hal itu utk mengajari mereka’.”
Al-Imam Asy-Syaukani v
berkata: “Jumhur ulama berpendapat tdk disunnahkan menjahrkan bacaan dlm shalat jenazah.”
4. Takbir kedua lalu bershalawat utk Nabi n
sebagaimana lafadz shalawat dlm tasyahhud.
5. Takbir ketiga lalu berdoa secara khusus utk si mayat secara sirr menurut pendapat jumhur ulama. Nabi n
bersabda:
إِذَا صَلَّيْتُمْ عَلىَ الْمَيِّتِ
فَأَخْلِصُوْا لَهُ الدُّعَاءَ
“Apabila kalian menshalati mayat
khususkanlah doa untuknya.”27
Kata Al-Munawi v
menerangkan makna hadits di atas: “Yakni doakanlah si mayat dgn ikhlas dan menghadirkan hati krn maksud dari shalat jenazah tersebut adl utk memintakan ampun dan syafaat bagi si mayat. Diharapkan permintaan tersebut akan dikabulkan dgn terkumpul keikhlasan dan doa dgn sepenuh hati.”
Dalam hal ini mengucapkan doa yg pernah diajarkan Nabi n
lbh utama daripada mengamalkan yg selainnya.
Kata Al-Munawi v
menerangkan makna hadits di atas: “Yakni doakanlah si mayat dgn ikhlas dan menghadirkan hati krn maksud dari shalat jenazah tersebut adl utk memintakan ampun dan syafaat bagi si mayat. Diharapkan permintaan tersebut akan dikabulkan dgn terkumpul keikhlasan dan doa dgn sepenuh hati.”
Dalam hal ini mengucapkan doa yg pernah diajarkan Nabi n
lbh utama daripada mengamalkan yg selainnya.
Di antara sekian doa yg pernah
diucapkan Nabi n
utk jenazah adalah:
utk jenazah adalah:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ،
وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ،
وَاغْسِلْهُ بِالْماَءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا
كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَ أَبْدِلْهُ دَارًا
خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ
زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ
عَذَابِ النَّارِ
“Ya Allah ampuni dan rahmatilah dia.
Lindungilah dia dari perkara yg tdk baik dan maafkanlah dia muliakanlah tempat
tinggal luaskan/ lapangkanlah tempat masuknya. Basuhlah ia dgn air salju dan
es. Sucikanlah dia dari kesalahan-kesalahan sebagaimana engkau mensucikan
pakaian putih dari noda. Gantikanlah untuk negeri yg lbh baik daripada negeri
keluarga yg lbh baik daripada keluarga dan pasangan yg lbh baik daripada
pasangan hidupnya. Masukkanlah ia ke dlm surga lindungilah dia dari adzab kubur
dan adzab neraka.”29
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا
وَمَيِّتِنَا، وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا، وَصَغِيْرِنَا وَكَبِيْرِنَا،
وَذَكَرِنَا وَأُنْثَانَا، اللَّهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى
اْلإِسْلاَمِ، وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلإِيْمَانِ،
اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْناَ أَجْرَهُ، وَلاَ تُضِلَّنَا بَعْدَهُ
“Ya Allah ampunilah orang yg masih
hidup di antara kami dan orang yg sudah meninggal orang yg sekarang ada dan
orang yg tdk hadir anak kecil di antara kami dan orang besar laki2 dan wanita
kami. Ya Allah siapa yg engkau hidupkan di antara kami mk hidupkanlah ia di
atas Islam dan siapa yg engkau wafatkan di antara kami mk wafatkanlah dia di
atas iman. Ya Allah janganlah engkau haramkan bagi kami pahala dan jangan
engkau sesatkan kami sepeninggalnya.”30
Bila mayat itu anak kecil mk disenangi utk mendoakan kedua orang tuanya31 agar mendapatkan ampunan dan rahmah seperti tersebut dlm hadits Al-Mughirah bin Syu‘bah z
.32
Ulama menganggap baik utk mengucapkan doa berikut ini:
Bila mayat itu anak kecil mk disenangi utk mendoakan kedua orang tuanya31 agar mendapatkan ampunan dan rahmah seperti tersebut dlm hadits Al-Mughirah bin Syu‘bah z
.32
Ulama menganggap baik utk mengucapkan doa berikut ini:
اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا
لِوَالِدَيْهِ، ذُخْرًا وَسَلَفًا وَأَجْرًا، اللَّهُمَّ ثَقِّلْ بِهِ
مَوَازِيْنَهُمَا، وَأَعْظِمْ بِهِ أُجُوْرَهُمَا، اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فِيْ
كَفَالَةِ إِبْرَاهِيْمَ وَأَلْحِقْهُ بِصَالِحِ سَلَفِ الْمُؤْمِنِيْنَ،
وَأَجِرْهُ بِرَحْمَتِكَ مِنْ عَذَابِ الْجَحِيْمِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا
مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لأَسْلاَفِنَا
وَأَفْرَاطِنَا وَمَنْ سَبَقَنَا بِالإِيْمَانِ
“Ya Allah jadikanlah anak ini
sebagai pendahulu bagi kedua orang tua tabungan/ simpanan dan pahala bagi
keduanya. Ya Allah beratkanlah timbangan kedua dgn kematian si anak besarkanlah
pahala keduanya. Ya Allah jadikanlah anak ini dlm tanggungan Nabi Ibrahim33 dan
gabungkanlah dia dgn pendahulu yg shalih dari kalangan kaum mukminin.
Lepaskanlah dia dari adzab neraka Jahim dgn rahmat-Mu34. Gantikanlah untuk
rumah/ negeri yg lbh baik daripada rumah/ negeri keluarga yg lbh baik daripada
keluarganya. Ya Allah ampunilah salaf kami orang2 yg mendahului kami dan orang2
yg mendahului kami dlm keimanan.”35
6. Pada takbir terakhir disyariatkan berdoa sebelum mengucapkan salam dgn dalil hadits Abu Ya‘fur dari Abdullah bin Abi Aufa z
ia berkata: “Aku menyaksikan Nabi n
beliau bertakbir empat kali kemudian beliau berdiri sesaat –untuk berdoa–.”36
Al-Imam Ahmad v
berpendapat disunnahkan berdoa setelah takbir terakhir ini sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dawud dlm Masa`il Al-Imam Ahmad . Demikian pula pendapat dlm madzhab Asy-Syafi‘iyyah.
7. Kemudian salam seperti salam dlm shalat lima waktu dan yg sunnah diucapkan secara sirr baik ia imam ataupun makmum.
Demikian yg bisa kami susun utk pembaca yg mulia. Semoga Allah k
menjadikan bermanfaat utk kami pribadi dan orang yg membacanya. Amin.
Kebenaran itu datang dari Allah k
. Adapun bila ada kesalahan dan kekeliruan mk hal itu semata krn kebodohan kami. Kami istighfar karena kepada At-Tawwabur Rahim .
Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab.
6. Pada takbir terakhir disyariatkan berdoa sebelum mengucapkan salam dgn dalil hadits Abu Ya‘fur dari Abdullah bin Abi Aufa z
ia berkata: “Aku menyaksikan Nabi n
beliau bertakbir empat kali kemudian beliau berdiri sesaat –untuk berdoa–.”36
Al-Imam Ahmad v
berpendapat disunnahkan berdoa setelah takbir terakhir ini sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dawud dlm Masa`il Al-Imam Ahmad . Demikian pula pendapat dlm madzhab Asy-Syafi‘iyyah.
7. Kemudian salam seperti salam dlm shalat lima waktu dan yg sunnah diucapkan secara sirr baik ia imam ataupun makmum.
Demikian yg bisa kami susun utk pembaca yg mulia. Semoga Allah k
menjadikan bermanfaat utk kami pribadi dan orang yg membacanya. Amin.
Kebenaran itu datang dari Allah k
. Adapun bila ada kesalahan dan kekeliruan mk hal itu semata krn kebodohan kami. Kami istighfar karena kepada At-Tawwabur Rahim .
Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab.
1 HR. Al-Bukhari no. 1278 kitab
Al-Jana`iz bab Ittiba‘in Nisa` Al-Jana`iz dan Muslim no. 2163 2164 kitab
Al-Jana`iz bab Nahyin Nisa` ‘an Ittiba’il Jana`iz
2 Di antara yg memakruhkan adl Ibnu Mas‘ud Ibnu ‘Umar Abu Umamah ‘Aisyah Masruq Al-Hasan An-Nakha’i Al-Auza’i dan Ishaq.
3 Abu Hurairah z
berkata: Aku mendengar Nabi n
bersabda:
2 Di antara yg memakruhkan adl Ibnu Mas‘ud Ibnu ‘Umar Abu Umamah ‘Aisyah Masruq Al-Hasan An-Nakha’i Al-Auza’i dan Ishaq.
3 Abu Hurairah z
berkata: Aku mendengar Nabi n
bersabda:
مَنْ شَهِدَ الْجَنَازَةَ حَتَّى
يُصَلّى فَلَهُ قِيْرَاطٌ، وَمَنْ شَهِدَ حَتَّى تُدْفَنَ كَانَ لَهُ
قِيْرَاطَانِ. قِيْلَ: وَمَا الْقِيْرَاطَانِ؟ قَالَ: مِثْلُ الْجَبَلَيْنِ
الْعَظِيْمَيْنِ
“Siapa yg menyaksikan jenazah sampai
dishalatkan mk ia mendapatkan satu qirath. Dan siapa yg menyaksikan jenazah
sampai dimakamkan mk ia mendapat dua qirath.” Ditanyakan kepada beliau: “Apakah
dua qirath itu?” Beliau menjawab: “Semisal dua gunung yg besar.”
Dalam riwayat Muslim disebutkan: “Siapa yg keluar bersama jenazah dari rumah jenazah tersebut dan menshalati kemudian mengikuti sampai dimakamkan mk ia mendapatkan dua qirath dari pahala. Masing-masing qirath semisal gunung Uhud. Dan siapa yg menshalati kemudian kembali/ pulang mk ia mendapat pahala semisal gunung Uhud.”
4 Al-Hawil Kabir 3/52 Al-Majmu’ 5/169 Al-Minhaj 7/22 At-Ta’liqat Ar-Radhiyyah ‘ala Ar-Raudhatin Nadiyyah 1/439 Asy-Syarhul Mumti’ 2/523.
5 HR. An-Nasa`i no. 1960 kitab Al-Jana`iz bab Ash-Shalah ‘ala man ‘alaihi Dainun. Dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih An-Nasa`i.
6 HR. Abu Dawud no. 3187 kitab Al-Jana`iz bab Fish Shalah ‘alath Thifl dihasankan sanad oleh Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih Abu Dawud dan Ahkamul Jana`iz hal. 104 mengikuti Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-’Asqalani v
dalam Al-Ishabah.
7 HR. Abu Dawud no. 3135 bab Fisy Syahid Yughassal. Asy-Syaikh Al-Albani berkata: “Hadits ini hasan menurutku di atas syarat Muslim.”
8 HR. An-Nasa`i no. 1947 kitab Al-Jana`iz bab Ash-Shalah ‘alash Shibyan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih An-Nasa`i.
9 HR. Abdurrazzaq no. 6651 An-Nasa`i no. 1953 Ath-Thahawi dlm Syarh Ma’anil Atsar no. 2818 dan selainnya. Asy-Syaikh Al-Albani v
berkata: “Isnad shahih semua rijal di atas syarat Muslim kecuali Syaddad ibnul Had. Al-Imam Muslim v
tak mengeluarkan satu hadits pun darinya. Namun ini tdk menjadi masalah krn Syaddad adl shahabat Nabi yg dikenal. Adapun ucapan Asy-Syaukani v
dalam Nailul Authar yg mengikuti Al-Imam Nawawi dlm Al-Majmu’ bahwa Syaddad ini seorang tabi‘in merupakan ucapan yg sangat keliru mk jangan terkecoh dengannya.”
10 HR. Al-Bukhari no. 3208 kitab Bad’ul Khalq bab Dzikrul Mala`ikah dan Muslim no. 6665 kitab Al-Qadar bab Kaifiyyatul Khalq Al-’Adami fi Bathni Ummihi…
11 HR. Al-Bukhari no. 631 kitab Al-Adzan bab Al-Adzan lil Musafirin Idza Kanu Jama‘atan wal Iqamah.
12 Al-Majmu’ 5/172 Al-Muhalla 3/389 Subulus Salam 2/162 Nailul Authar 4/73 Taudhihul Ahkam 3/194.
13 HR. Muslim no. 2195 kitab Al-Jana`iz bab Man Shalla ‘alaihi Mi`ah Syuffi’u fihi.
14 HR. Muslim no. 2196 pada kitab dan bab yg sama dgn di atas.
15 Al-Majmu’ 5/172 Taudhihul Ahkam 3/195
16 HR. Ath-Thabrani dlm Al-Kabir dan Al-Haitsami dlm Al-Majma’ pada sanad ada Ibnu Lahi’ah sementara beliau ini diperbincangkan. Namun kata Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Ahkamul Jana`iz hadits bisa dijadikan syahid bagi hadits Malik bin Hubairah berikut ini:
Rasulullah n
bersabda: “Tidak ada seorang muslim pun yg meninggal lalu ia dishalati oleh tiga shaf kaum muslimin melainkan ia diampuni.”
17 HR. Al-Bukhari no. 1332 bab Aina Yaqumu minal Mar`ah war Rajul dan Muslim no. 2232 bab Aina Yaqumul Imam minal Mayyit lish Shalah ‘alaihi.
18 Al-Hawil Kabir 3/50 Al-Majmu’ 5/183 Al-Muhalla 3/345 382 Fathul Bari 3/257 Asy-Syarhul Mumti’ 2/524 Taisirul ‘Allam Syarhu ‘Umdatil Ahkam 1/372.
19 Kelengkapan hadits bisa dilihat dlm riwayat Abu Dawud no. 3194 kitab Al-Jana`iz bab Aina Yaqumul Imam minal Mayyit idza Shalla ‘alaihi.
20 Boleh pula dilakukan 5-9 kali semua ada keterangan dari Nabi n
. Namun jumlah 4 kali takbir paling banyak disebutkan dlm hadits . Adapun pernyataan ada ijma’ ulama yg menetapkan takbir shalat jenazah hanya 4 kali dan tdk lebih merupakan anggapan yg batil. Sebagaimana hal ini ditegaskan Ibnu Hazm v
dalam Al-Muhalla . Sedangkan hadits yg menyatakan:
Dalam riwayat Muslim disebutkan: “Siapa yg keluar bersama jenazah dari rumah jenazah tersebut dan menshalati kemudian mengikuti sampai dimakamkan mk ia mendapatkan dua qirath dari pahala. Masing-masing qirath semisal gunung Uhud. Dan siapa yg menshalati kemudian kembali/ pulang mk ia mendapat pahala semisal gunung Uhud.”
4 Al-Hawil Kabir 3/52 Al-Majmu’ 5/169 Al-Minhaj 7/22 At-Ta’liqat Ar-Radhiyyah ‘ala Ar-Raudhatin Nadiyyah 1/439 Asy-Syarhul Mumti’ 2/523.
5 HR. An-Nasa`i no. 1960 kitab Al-Jana`iz bab Ash-Shalah ‘ala man ‘alaihi Dainun. Dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih An-Nasa`i.
6 HR. Abu Dawud no. 3187 kitab Al-Jana`iz bab Fish Shalah ‘alath Thifl dihasankan sanad oleh Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih Abu Dawud dan Ahkamul Jana`iz hal. 104 mengikuti Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-’Asqalani v
dalam Al-Ishabah.
7 HR. Abu Dawud no. 3135 bab Fisy Syahid Yughassal. Asy-Syaikh Al-Albani berkata: “Hadits ini hasan menurutku di atas syarat Muslim.”
8 HR. An-Nasa`i no. 1947 kitab Al-Jana`iz bab Ash-Shalah ‘alash Shibyan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih An-Nasa`i.
9 HR. Abdurrazzaq no. 6651 An-Nasa`i no. 1953 Ath-Thahawi dlm Syarh Ma’anil Atsar no. 2818 dan selainnya. Asy-Syaikh Al-Albani v
berkata: “Isnad shahih semua rijal di atas syarat Muslim kecuali Syaddad ibnul Had. Al-Imam Muslim v
tak mengeluarkan satu hadits pun darinya. Namun ini tdk menjadi masalah krn Syaddad adl shahabat Nabi yg dikenal. Adapun ucapan Asy-Syaukani v
dalam Nailul Authar yg mengikuti Al-Imam Nawawi dlm Al-Majmu’ bahwa Syaddad ini seorang tabi‘in merupakan ucapan yg sangat keliru mk jangan terkecoh dengannya.”
10 HR. Al-Bukhari no. 3208 kitab Bad’ul Khalq bab Dzikrul Mala`ikah dan Muslim no. 6665 kitab Al-Qadar bab Kaifiyyatul Khalq Al-’Adami fi Bathni Ummihi…
11 HR. Al-Bukhari no. 631 kitab Al-Adzan bab Al-Adzan lil Musafirin Idza Kanu Jama‘atan wal Iqamah.
12 Al-Majmu’ 5/172 Al-Muhalla 3/389 Subulus Salam 2/162 Nailul Authar 4/73 Taudhihul Ahkam 3/194.
13 HR. Muslim no. 2195 kitab Al-Jana`iz bab Man Shalla ‘alaihi Mi`ah Syuffi’u fihi.
14 HR. Muslim no. 2196 pada kitab dan bab yg sama dgn di atas.
15 Al-Majmu’ 5/172 Taudhihul Ahkam 3/195
16 HR. Ath-Thabrani dlm Al-Kabir dan Al-Haitsami dlm Al-Majma’ pada sanad ada Ibnu Lahi’ah sementara beliau ini diperbincangkan. Namun kata Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Ahkamul Jana`iz hadits bisa dijadikan syahid bagi hadits Malik bin Hubairah berikut ini:
Rasulullah n
bersabda: “Tidak ada seorang muslim pun yg meninggal lalu ia dishalati oleh tiga shaf kaum muslimin melainkan ia diampuni.”
17 HR. Al-Bukhari no. 1332 bab Aina Yaqumu minal Mar`ah war Rajul dan Muslim no. 2232 bab Aina Yaqumul Imam minal Mayyit lish Shalah ‘alaihi.
18 Al-Hawil Kabir 3/50 Al-Majmu’ 5/183 Al-Muhalla 3/345 382 Fathul Bari 3/257 Asy-Syarhul Mumti’ 2/524 Taisirul ‘Allam Syarhu ‘Umdatil Ahkam 1/372.
19 Kelengkapan hadits bisa dilihat dlm riwayat Abu Dawud no. 3194 kitab Al-Jana`iz bab Aina Yaqumul Imam minal Mayyit idza Shalla ‘alaihi.
20 Boleh pula dilakukan 5-9 kali semua ada keterangan dari Nabi n
. Namun jumlah 4 kali takbir paling banyak disebutkan dlm hadits . Adapun pernyataan ada ijma’ ulama yg menetapkan takbir shalat jenazah hanya 4 kali dan tdk lebih merupakan anggapan yg batil. Sebagaimana hal ini ditegaskan Ibnu Hazm v
dalam Al-Muhalla . Sedangkan hadits yg menyatakan:
كَانَ آخِرُ مَا كَبَّرَ رَسُوْلُ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْجَنَازَةِ أَرْبَعًا
“Akhir takbir yg dilakukan
Rasulullah n
terhadap jenasah adl sebanyak empat kali.”
yang dijadikan sebagai dalil pembatasan takbir hanya 4 kali adl hadits yg dha’if. Al Hafizh Ibnu Hajar v
berkata dlm At-Talkhish : “Hadits ini diriwayatkan lbh dari satu jalan namun semua jalan dhaif.”
21 Sebagaimana dlm Nailul Authar 4/83.
22 Tidak disyariatkan membaca doa istiftah demikian pendapat madzhab Asy-Syafi‘iyyah dan selain mereka.
23 Nailul Authar 4/82 At-Ta‘liqat Ar-Radhiyyah 1/443 Asy-Syarhul Mumti‘ 2/525 Taudhihul Ahkam 3/205.
24 Yakni Sunnah Nabi n
dan jalan beliau bukan sunnah dlm pengertian hukum fiqih yg lima .
25 HR. Al-Bukhari no. 1335 bab Qira`ati Fatihatil Kitab ‘alal Janazah An-Nasa`i no. 1987 1988 bab Ad-Du’a` dishahihkan Asy-Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih An-Nasa`i.
26 HR. An-Nasa`i no. 1989 bab Ad-Du’a` dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih Nasa’i.
27 HR. Abu Dawud no. 3199 bab Ad-Du’a lil Mayyit dihasankan Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih Abi Dawud.
28 Bila mayat seorang wanita mk semua dhamir
الهاء
seperti dlm lafadz:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ
diganti dgn ta`nits sehingga kita mengucapkan:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا
terhadap jenasah adl sebanyak empat kali.”
yang dijadikan sebagai dalil pembatasan takbir hanya 4 kali adl hadits yg dha’if. Al Hafizh Ibnu Hajar v
berkata dlm At-Talkhish : “Hadits ini diriwayatkan lbh dari satu jalan namun semua jalan dhaif.”
21 Sebagaimana dlm Nailul Authar 4/83.
22 Tidak disyariatkan membaca doa istiftah demikian pendapat madzhab Asy-Syafi‘iyyah dan selain mereka.
23 Nailul Authar 4/82 At-Ta‘liqat Ar-Radhiyyah 1/443 Asy-Syarhul Mumti‘ 2/525 Taudhihul Ahkam 3/205.
24 Yakni Sunnah Nabi n
dan jalan beliau bukan sunnah dlm pengertian hukum fiqih yg lima .
25 HR. Al-Bukhari no. 1335 bab Qira`ati Fatihatil Kitab ‘alal Janazah An-Nasa`i no. 1987 1988 bab Ad-Du’a` dishahihkan Asy-Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih An-Nasa`i.
26 HR. An-Nasa`i no. 1989 bab Ad-Du’a` dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih Nasa’i.
27 HR. Abu Dawud no. 3199 bab Ad-Du’a lil Mayyit dihasankan Asy-Syaikh Al-Albani v
dalam Shahih Abi Dawud.
28 Bila mayat seorang wanita mk semua dhamir
الهاء
seperti dlm lafadz:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ
diganti dgn ta`nits sehingga kita mengucapkan:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا
29 HR. Muslim no. 2229 2231 bab
Ad-Du’a` lil Mayyit fish Shalah.
30 HR. Ibnu Majah no. 1498 bab Ma Ja`a fid Du’a` fish Shalah ‘alal Janazah dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dlm Shahih Ibnu Majah dan Al-Misykat no. 1675.
31 Nailul Authar 4/85
32 HR. Abu Dawud no. 3180 bab Al-Masy-yu Amamal Janazah dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dlm Shahih Abu Dawud.
33 Nabi Muhammad n
pernah bermimpi melihat Nabi Ibrahim p
di sebuah taman yg besar lagi indah di sekitar beliau ada anak-anak kecil yg meninggal di atas fithrah.
34 Bagaimana anak yg belum baligh bisa diadzab sementara ia belum berdosa? mk dijawab bahwa tiap hamba Allah pasti akan mendatangi neraka sebagaimana dlm ayat:
30 HR. Ibnu Majah no. 1498 bab Ma Ja`a fid Du’a` fish Shalah ‘alal Janazah dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dlm Shahih Ibnu Majah dan Al-Misykat no. 1675.
31 Nailul Authar 4/85
32 HR. Abu Dawud no. 3180 bab Al-Masy-yu Amamal Janazah dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dlm Shahih Abu Dawud.
33 Nabi Muhammad n
pernah bermimpi melihat Nabi Ibrahim p
di sebuah taman yg besar lagi indah di sekitar beliau ada anak-anak kecil yg meninggal di atas fithrah.
34 Bagaimana anak yg belum baligh bisa diadzab sementara ia belum berdosa? mk dijawab bahwa tiap hamba Allah pasti akan mendatangi neraka sebagaimana dlm ayat:
وَإِنْ مِنْكُمْ إِلاَّ وَارِدُهَا
كَانَ عَلَى رَبِّكَ حَتْمًا مَقْضِيًّا
“Tidak ada seorang pun dari kalian
melainkan pasti akan mendatangi neraka yg demikian itu bagi Rabbmu adl suatu
kemestian yg sudah ditetapkan.”
Dengan demikian doa seperti itu ditujukan utk si anak agar Allah k
menjaga dari adzab neraka apabila nanti pada hari kiamat ia mendatanginya.
35 Doa ini diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dari hadits Abu Hurairah z
. Yang semisal juga diriwayatkan oleh Sufyan dari Al-Hasan. Asy-Syaikh Al-Albani berkata: “Hadits Abu Hurairah z
yg diriwayatkan Al-Baihaqi tersebut isnad hasan dan tdk apa-apa diamalkan dlm hal seperti ini walaupun hadits mauquf. Namun tdk boleh dijadikan sebagai sunnah dgn menganggap bahwa doa itu datang dari Nabi n
. Adapun doa yg aku pilih utk dipanjatkan ketika menshalati anak kecil adl doa yg kedua krn di dlm ada lafadz:
Dengan demikian doa seperti itu ditujukan utk si anak agar Allah k
menjaga dari adzab neraka apabila nanti pada hari kiamat ia mendatanginya.
35 Doa ini diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dari hadits Abu Hurairah z
. Yang semisal juga diriwayatkan oleh Sufyan dari Al-Hasan. Asy-Syaikh Al-Albani berkata: “Hadits Abu Hurairah z
yg diriwayatkan Al-Baihaqi tersebut isnad hasan dan tdk apa-apa diamalkan dlm hal seperti ini walaupun hadits mauquf. Namun tdk boleh dijadikan sebagai sunnah dgn menganggap bahwa doa itu datang dari Nabi n
. Adapun doa yg aku pilih utk dipanjatkan ketika menshalati anak kecil adl doa yg kedua krn di dlm ada lafadz:
وَصَغِيْرِنَا .. اللََّهُمَّ لاَ
تَحْرِمْناَ أَجْرَهُ، وَلاَ تُضِلَّنَا بَعْدَهُ
“…anak kecil di antara kami … Ya
Allah janganlah engkau haramkan bagi kami pahala dan jangan engkau sesatkan
kami sepeninggalnya.”
36 Dikeluarkan oleh Al-Baihaqi dgn sanad yg shahih kata Asy-Syaikh Al-Albani dlm Ahkamul Jana`iz hal. 160.
36 Dikeluarkan oleh Al-Baihaqi dgn sanad yg shahih kata Asy-Syaikh Al-Albani dlm Ahkamul Jana`iz hal. 160.
Sumber: www.asysyariah.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar